Watu Lawang Mangunan Dlingo Imogiri, Spot Baru Melihat Panorama

Watu lawang Mangunan Imogiri

Selalu dan selalu Spotpiknik di Mangunan terus bertambah. Mangunan Dlingo Imogiri menjadi spotpiknik terbaik melihat panorama yang luarbiasa. Spot teranyar kali ini adalah Spotpiknik Watu Lawang.

Watu Lawang berada di kawasan Desa Wisata Mangunan, yang terletak di perbukitan Dlingo. Perbukitan hijau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Bantul, kabupaten yang berada di sisi selatan Jogja. Selain menawarkan hijau dan sejuknya pemandangan, ternyata ada hal lain yang ditawarkan oleh objek wisata yang tengah hits ini.

Letak obyek wisata ini berada disebelah barat dari Bukit Mangunan atau lebih tepatnya disebelah barat Tebing Watu Adeg yang belum lama ini dikembangkan menjadi obyek wisata. Tebing atau Bukit Watu Lawang sebenarnya sudah lama dikenal sebagai latar pemandangan area persawahan di Desa Wisata Kedung Miri yang terkenal dengan wisata Jembatan Gantung Imogirinya. Sehingga tidak heran bila sebagian orang yang tinggal di sekitar Bantul sudah mengenal nama tempat ini.

Watu Lawang menawarkan spot foto yang bagus. Salah satu yang kini tengah menjadi perbincangan media adalah jembatan bambu yang berada di Watu Lawang ini. Pasalnya jembatan bambu ini ibarat jendela untuk menikmati area perbukitan yang berada di samping kawasan wisata Watu Lawang.

Karena berada di area Desa Wisata Mangunan, tentu saja Anda harus melalui akses jalan khas pegunungan yang cukup berliku. Belum lagi jika pengunjung sedang membludak, tentu saja spot foto ini juga akan dikunjungi banyak wisatawan. Selain jaga diri, jangan lupa untuk antri.

Rute dari Jogja : Terminal Giwangan – Jalan Imogiri Timur – pertigaan pasar imogiri – belok kiri – pertigaan arah mangunan belok kanan – ikuti jalan naik turun – ada pertigaan kecil dengan petunjuk arah ke Watu Lawang belok kanan – ikuti  petunjuk jalan hingga nanti sampai di Watu lawang ini.
Jalan menuju lokasi sudah bagus sudah disemen jadi tidakperlu khawatir jalan rusak berlubang. Sewaktu kita sampai di pintu masuk akan dikasih tanda/karcis motor untuk motor bayar 2ribu, mobil 5 ribu, ojek motor 5 ribu rupiah. Dari pintu masuk ke tempat parkir jalannya berbatu dan ada turunan lumayan curam jadi hati0 hati.  Dari parkiran kita perlu menuruni anak tangga hingga bisa sampai ke lokasi bukit watu lawang.

Di Watu Lawang ini suasananya sangat sejuk karena banyak rimbunan pohon. Disini ada 3 anjungan yang disediakan. Anjungannya ini berbentuk semacam jembatan yang terbuat dari kayu dan bambu. Oya untuk anjungan paling ujung ditebing sebelah selatan kita harus membayar uang sukarela yang uangnya digunakan untuk pembangunan sekitar. Disini saat pagi hari sekitar pukul 5-7 pagi bila beruntung kita bisa menikmati sunrise ditemani oleh indahnya lautan awan yang memenuhi sungai Oya. Selain itu kalau siang hari kita bisa menikmati dengan jelas indahnya pemandangaan Sungai Oya, bukit bukit hijau dikanan kirinya serta persawahan yang ada dibawah bukit. Bila sore hari tempat ini juga bisa dijadikan tempat untuk melihat sunset.